Eksplorasi Dampak Filosofi Pendidikan Islam terhadap Pengembangan Emosional Siswa Muslim
Keywords:
Filosofi pendidikan Islam, kecerdasan emosional, nilai-nilai moralAbstract
Studi pustaka ini meneliti pengaruh filsafat pendidikan Islam terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa Muslim. Studi ini menyoroti hubungan potensial antara filosofi pendidikan Islam dan komponen-komponen kecerdasan emosional melalui tinjauan sistematis terhadap literatur yang relevan. Literatur yang ada menunjukkan bahwa filosofi pendidikan Islam, yang menekankan pada nilai-nilai moral, pengembangan karakter, kesadaran diri, dan keterampilan interpersonal, dapat menumbuhkan kecerdasan emosional pada siswa Muslim. Namun, hanya sedikit penelitian empiris yang menyelidiki hubungan ini secara khusus. Temuan ini menyoroti perlunya penelitian empiris tambahan untuk membangun hubungan sebab akibat dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan Islam ke dalam praktik pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Studi masa depan dapat berkontribusi pada praktik berbasis bukti yang mempromosikan kecerdasan emosional dalam konteks pendidikan Islam dengan memasukkan faktor budaya dan kontekstual dan mendorong kolaborasi antardisiplin ilmu, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kesuksesan siswa Muslim secara keseluruhan.