Pendidikan Islam dan Isu Lingkungan: Implementasi Green Schooldi Madrasah
Kata Kunci:
pendidikan Islam, green school, madrasah, ekologi Islam, pendidikan lingkunganAbstrak
Krisis lingkungan global menuntut respons komprehensif dari berbagai sektor, termasuk pendidikan Islam. Penelitian ini mengkaji implementasi konsep green school di madrasah sebagai upaya mengintegrasikan nilai-nilai ekologi dalam pendidikan Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada tiga madrasah yang telah menerapkan program green school, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Islam tentang pengelolaan alam diintegrasikan dalam kurikulum, budaya sekolah, dan praktik keseharian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi green school di madrasah memiliki keunikan dengan mendasarkan program pada prinsip khalifah fil ardh, mizan, dan istishlah yang memperkuat motivasi intrinsik siswa untuk menjaga lingkungan. Temuan juga mengungkapkan bahwa integrasi nilai ekologi Islam dalam kurikulum meningkatkan kesadaran ekologis siswa sebesar tujuh puluh tiga persen dibandingkan sebelum program diterapkan. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan infrastruktur, pembiayaan, dan kompetensi guru dalam pedagogi lingkungan berbasis Islam. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum terintegrasi yang mensinergikan aspek teologis, ekologis, dan praktis dalam pendidikan lingkungan di madrasah.
