Profesionalisme Guru PAI dalam Mengintegrasikan Nilai-nilai Islam dan Sains Modern

Penulis

  • Maufirotul Uyubah STIT Miftahul Ulum Bangkalan Penulis
  • Syerly Anawati STIT Miftahul Ulum Bangkalan Penulis

Kata Kunci:

Profesionalisme, pendidikan agama Islam, sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan sains modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan guru-guru PAI yang mengajar di sekolah menengah atas dengan pengalaman minimal lima tahun. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI dalam integrasi Islam-sains dapat dikategorikan dalam tiga tingkatan: tinggi, sedang, dan rendah. Guru dengan profesionalisme tinggi mampu mengaitkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan fenomena alam dan penemuan ilmiah kontemporer secara tepat. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan tematik-integratif, metode pembelajaran berbasis inquiry dan discovery, serta kolaborasi interdisipliner. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan kompetensi guru dalam memahami perkembangan sains modern, keterbatasan sumber daya pembelajaran, dan resistensi dari stakeholder yang mempertahankan paradigma dikotomis. Faktor pendukung keberhasilan meliputi komitmen pribadi guru, dukungan institusional, dan kerjasama dengan berbagai pihak. Penelitian ini memberikan implikasi penting untuk pengembangan program pelatihan berkelanjutan, reorientasi kurikulum PAI yang lebih integratif, dan perubahan paradigma dalam sistem pendidikan guru PAI.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-28