Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Berbasis Riset

Penulis

  • Wiwik Robiatul STIT Miftahul Ulum Bangkalan Penulis
  • Ach Bilal Hamdi STIT Miftahul Ulum Bangkalan Penulis

Kata Kunci:

Kompetensi pedagogik, guru PAI, pengembangan berbasis riset

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis riset yang efektif dan aplikatif. Tantangan pendidikan di era digital menuntut guru PAI untuk terus mengembangkan kompetensinya, namun masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran, merancang pembelajaran inovatif, dan mengevaluasi hasil belajar secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang melibatkan 60 guru PAI tingkat SMA/MA di Provinsi Jawa Timur. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam, observasi pembelajaran, dokumentasi, dan focus group discussion, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan mixed methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Berbasis Riset (MP-KPGP-BR) yang terdiri dari lima komponen utama (fondasi riset, pedagogik digital, assessment berbasis data, reflective practice, dan continuous learning) terbukti sangat efektif. Implementasi program selama 8 minggu dengan 40 jam pembelajaran menghasilkan peningkatan signifikan pada semua aspek kompetensi pedagogik dengan effect size 1,83 (kategori sangat besar). Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek tindak lanjut hasil evaluasi (34,5%) dan evaluasi dan penilaian (32,7%). Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai t-hitung 12,47 dengan p-value < 0,001, yang menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Observasi pembelajaran pada 30 guru peserta menunjukkan implementasi efektif kompetensi dalam praktik nyata, dengan peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran sebesar 89,4% dan implementasi assessment autentik sebesar 76,8%. Model yang dikembangkan memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan teori pengembangan profesional guru dan kontribusi praktis yang dapat diimplementasikan oleh berbagai stakeholder pendidikan. Pendekatan berbasis riset terbukti efektif membantu guru PAI menjadi praktisi reflektif yang mampu mengintegrasikan temuan penelitian dalam praktik pembelajaran, sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang menekankan pembelajaran berkelanjutan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-27